Polda Papua Barat, selenggarakan BIMTEK aplikasi SMAP dan SAKTI

  • Whatsapp

Pada tanggal 4 sampai 6 Maret 2020 Polda Papua Barat menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Aplikasi Sistem Manajemen Anggaran Polri (SMAP) dan SAKTI Web. Aplikasi SAKTI (Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi) merupakan aplikasi yang dibangun untuk menyederhanakan berbagai aplikasi pengelolaan keuangan pada satuan kerja/instansi. Selama ini ada beberapa aplikasi yang dipergunakan satuan kerja/instansi dalam pengelolaan keuangan negara dari perencanaan anggaran sampai  dengan pelaporan keuangan seperti Aplikasi RKA-KL DIPA untuk penyusunan anggaran, aplikasi SIMAK BMN untuk pengelolaan aset tetap dan aplikasi SAKPA untuk penyusunan laporan keuangan. Dengan konsep Single Database, aplikasi SAKTI menyatukan fungsi aplikasi-aplikasi tersebut. Aplikasi SAKTI ini telah dilakukan piloting dan mulai diterapkan di lingkungan Kementerian Keuangan dan PPATK dengan menggunakan desktop/jaringan intranet. Selanjutnya untuk satuan kerja di luar Kementerian Keuangan dan PPATK disiapkan piloting SAKTI dengan menggunakan jaringan internet yang  dikenal dengan piloting SAKTI Web.

Dalam rangka kesiapan integrasi Aplikasi anggaran maka Polda Papua Barat mempersiapkan Seluruh Satkernya melalui Bimtek yang bertempat di Hotel Mansinam dengan narasumber dari Kanwil DJPB Manokwari.

Kegiatan ini berakhir pada Hari Jumat 6 Maret 2020, diharapkan dapat meningkatkan akuntabilitas dan transparansi sistem anggaran Polda Papua Barat, tutup Karorena Polda Papua Barat.

Pos terkait