Hari Pekan Sagu Nasional 2020, Gubernur Dominggus Mandacan Ajak Masyarakat Konsumsi Sagu

  • Whatsapp

Jurnal RB Polri, Jakarta – Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan mengikuti Hari Pekan Sagu Nasional (PSN) 2020 dengan tema “Sagu pangan sehat untuk Indonesia Maju”  yang berlangsung secara virtual di Jakarta, pada Selasa (20/10) pukul 13.00 WIB.

Acara PSN 2020 ini dilakukan serentak di beberapa lokasi yaitu kantor Kemenko Perekonomian dan  diikuti 13 provinsi sentra penghasil sagu yaitu Papua, Papua Barat, Maluku Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Bangka Belitung, dan Aceh.

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan dalam kesempatan mengaku optimistis bahwa Provinsi Papua Barat mampu mengembangkan sagu dengan pesat. Apalagi luas areal sagu di Provonsi Papua Barat mencapai 510 ribu dan baru digarap sebagai dusun dan kebab sagu seluas 20 ribu hektare atau sekitar 3,93 persen tentu memiliki potensi dalam pemanfaatannya.

“Ini harus menjadi momentum gerakan awal untuk merangkai kerjasama yang erat antara berbagai stakeholder, supaya pengelola sagu mulai dari hulu hingga ke hilir memiliki dampak pada kesejahteraan masyarakat,” paparnya.

Hasil pengolahan Sagu oleh masyarakat yang memiliki keahlian dan kreatifitas turut mengubah bahan dasar Sagu menjadi aneka makanan dan minuman yang sehat dikonsumsi.

Meski makanan dan minuman berbahan dasar Sagu telah banyak dihasilkan, Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan juga menyerukan kepada masyarakat agar selalu mengonsumsi sagu dalam kehidupan sehari-hari.

“Sebagai Gubernur harapan kita semua mari dengan adanya pekan sagu nasional tahun 2020 juga sekaligus memperkenalkan sagu kepada publik. Terutama kita orang Papua dalam kehidupan sehari-hari kita bisa lebih banyak makan sagu,” jelas Gubernur  Dominggus

Gubernur menambahkan, khasiat makan Sagu bagi Orang Asli Papua telah terbukti dan dirasakan manfaatnya bagi kesehatan.

“Sagu ini kita makan kan sehat. Dalam berbagai kesempatan kita saling mengajak, mari makan sagu atau mari makan Papeda,” ujarnya. (as)

Pos terkait