Kapolda Papua Barat Hadiri Pekan Sagu Nusantara 2020

  • Whatsapp

Jurnal RB Polri, Manokwari – Kapolda Papua Barat Irjen Pol Tornagogo Sihombing SIK, MSI menghadiri acara Hari Pekan Sagu Nusantara (PSN) 2020 di Kantor Gubernur Provinsi Papua Barat, Pada Selasa (20/10).

Hadir dalam acara sekaligus membuka acara Wakil Gubernur Papua Barat, Pangdam XVIII Kasuari, Pimpinan di OPD provinsi Papua, Dinas Ketahanan pangan dan para pengelolah sagu serta para tamu undangan.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari laman Diskominfoperstatik Wakil Gubernur Papua Barat, Mohammad Lakotani dalam sambutan pembuka mengatakan, Provinsi Papua Barat memiliki luas areal sagu terbesar kedua di Indonesia setelah Provinai Papua yaitu sebesar 510.000 hektar. Luasan tersebut dalam bentuk dusun dan kebun sagu, mencapai 20.000 hektar (3,93%) dan selebihnya adalah hutan sagu. Hal ini menunjukan papua barat memiliki potensi pengembangan dan pemanfaatan sagu yang luar biasa.

“Dengan adanya pekan sagu Nusantara 2020 ini diharapkan menjadi momentum gerakan awal untuk merangkai kerja sama yang erat antar berbagai stakeholder. Pengelola sagu baik pemerintah maupun swasta dan komunitas masyarakat sagu dari hulu sampai ke hilir sehingga, akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat pengolah sagu,” jelas Wagub.

Wagub menambahkan, pekan sagu Nusantara dapat menghasilkan bentuk kerja sama pengelola sagu antar Investor Besar dengan Industri Rumah Tangga Pengolah Sagudalam bentuk kilang sagu didaerah pedesaan. Hal tersebut juga tidak terlepas dari pengelolaan sagu berwawasan lingkungan dan sejalan dengan pembangunan berkelanjutan di provinsi papua barat.

“Sagu dan makanan olahan sagu harus disajikan sebagai makanan sehat pada acara formal di provinsi papua barat. Pekan Sagu ini juga dapat memberikan kontribusi pangan sehat untuk Indonesia Maju,” imbuhnya.

Usai mengikuti acara pembukaan, Wagub, Kapolda, Pangdam dan tamu undangan melihat dan mencicipi hasil olahan sagu yang telah disiapakan oleh Dinas Ketahanan pangan dan para pengelolah sagu. (*)

Pos terkait