Pemprov Papua Barat Umumkan Hasil KIPP 2020, Polres Sorong Kota Juara I Kategori Lembaga

  • Whatsapp
(DOK: IST)

JurnalRBPolri, Papua Barat – Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Biro Organisasi Setda Papua Barat mengumumkan hasil Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2020 usai upacara peringatan Hari Ulang Tahun Provinsi Papua Barat Ke- 21 Tahun di halaman Kantor Gubernur, Senin (12/10/2020).

Adapun inovasi terbaik yang mendapatkan penghargaan terdiri atas 3 inovasi pelayanan publik dari Lembaga dan POLRI, 3 inovasi pelayanan publik dari Kabupaten serta 3 inovasi pelayanan publik dari Provinsi. Pemenang KIPP 2020 di masing-masing kategori juga mendapatkan hadiah berupa uang tunai dengan urutan, Juara Terbaik 1 sebanyak Rp. 10.000.000, Juara Terbaik 2 sebesar Rp. 8.000.000, dan Juara Terbaik 3 sebesar Rp. 7.000.000.

Bacaan Lainnya

Berikut instansi dan nama inovasi pemenang KIPP 2020 Provinsi Papua Barat :

Kategori Lembaga dan POLRI

  1. Polres Sorong Kota – SI MESRA MAS KELAMBU ( Polisi Merangkul dan Mensejaterahkan Masyarakat Malabutor )
  2. Polres Sorong Kota – KAMPUNG ASRI SAGU ( Kampung Aman Sehat Rakyat Berdikari di Kelurahan Sawagumo )
  3. Polres Teluk Bintuni – SI DUL MANG BIN ( Polisi Peduli Mangrove Bintuni )

Kategori Kabupaten/Kota

  1. Dukcapil Kabupaten Fak-fak – PALA (Pelayanan Akta Lahir Anak di Kampung)
  2. Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sorong – KAMPUNG KENCANA SEJUK (Kampung Keluarga Berencana Menuju Keluarga Sehat Sejahtera Berkualitas)
  3. Kelurahan Kokas Kabupaten Fak-fak – RUMPIN WRI KAH (Rumah Pintar Berisi)

Kategori Provinsi

  1. Biro Umum Setda Provinsi Papua Barat – PETA SI UNIK ( Pelayanan Tamu Terintegrasi Unggil dan Unik)
  2. Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Papua Barat – MC YARD SIPANDU SAPI POTONG ( Mini Cattle Yard Solusi Pelayanan Terpadu Sapi Potong)
  3. Dinas PU Provinsi Papua Barat – LEJAKOAP (Layanan Elektronik Jasa Konstruksi Orang Asli Papua).

Untuk diketahui, kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2020 diikuti 25 Peserta terdiri dari Pemerintah daerah Provinsi, Pemerintah daerah Kabupaten, Lembaga dan Kepolisian Lingkup Provinsi Papua Barat.

Dalam  lingkup pemerintah Provinsi Papua Barat melibatkan sekitar 4 Organisasi Perangkat Daerah (OPD), lingkup pemerintah Kabupaten dikuti dua perwakilan yakni dari Kabupaten Fakfak, Manokwari, Kabupaten Sorong, BPOM Manokwari, serta dari lembaga Kepolisian yaitu Polres Sorong Kota, Polres Teluk Bintuni, Polres Teluk Wondama, dan Polres Manokwari.

Kriteria penilaiannya ada sekitar sembilan indikator meliputi, penyusunan format proposal, tujuan inovasi, dampaknya, keselarasan dengan tema, kemudian kepentingan komitmen, Sumber Daya Manusia (SDM), kriteria kebaruan, keunikan dan indicator lainnya.

Salah satu penilaiannya, inovasi yang disampaikan oleh peserta paling tidak telah dijalankan sejak satu tahun terakhir guna mengetahui sejauh mana dampak dan kekurangan penerapan inovasi tersebut. Dampak inovasi ini bukan sekedar wacana, namun harus terukur dan didukung oleh data serta dokumen untuk mengetahur sejauh mana tingkat kepuasan masyarakat.(*)

Pos terkait