Kapolda Bali Menyerahkan Ijazah Pada Lulusan PAG TA 2020

  • Whatsapp

Jurnal RB Polri, Bali – Kapolda Bali Irjen Pol Dr. Petrus Reinhard Golose memimpin apel dalam acara Penyerahan Ijazah Kepada Lulusan Perwira Alih Golongan (PAG) T.A. 2020 di halaman depan Mapolda Bali, Senin (26/10).

Hadir dalam acara tersebut, Wakapolda Bali Brigjen Pol Drs. I Wayan Sunartha dan seluruh Pejabat Utama (PJU) Polda Bali.

Bacaan Lainnya

Penyerahan ijazah kepada lulusan PAG T.A. 2020 yang dilaksanakan secara seremonial. Sebelum telah dilaksanakan upacara pelantikan secara virtual yang bertempat di SPN Singaraja pada hari jumat 23 Oktober 2020 yang lalu.

Adapun lulusan PAG T.A. 2020 yang dilantik dan menerima ijazah pada apel tersebut sebanyak 128 orang yang terdiri dari 117 orang polisi laki-laki (polki) dan 11 orang polisi wanita (polwan) pada jajaran Polda Bali.

Dalam amanatnya pada apel tersebut Kapolda Bali Irjen Pol Dr. Petrus Reinhard Golose menyampaikan bahwa menjadi perwira bukanlah hal yang mudah. Sebuah simbol dari sikap seorang perwira sejati adalah perwira yang senantiasa siap mengambil alih tanggung jawab, sehingga perwira itu erat kaitannya dengan leadership dan followership.

Ada dua hal yang harus diketahui sebagai seorang perwira yaitu responsibility leader dan juga responsibility follower, sehingga seorang perwira harus menjalani dua peran sekaligus, menjadi seorang pemimpin dan juga siap menjadi orang yang dipimpin (bawahan).

”Sebagai seorang first line supervisor, saudara harus mampu mengkomunikasikan apa yang menjadi visi dan misi serta strategi yang dibutuhkan oleh organisasi, kemudian melakukan manajemen yang baik agar strategi dari organisasi dapat tercapai sesuai harapan. Demikian juga agar selalu siap memberi motivasi, membangun rasa percaya diri, mendengarkan keluhan dan pendapat serta sebagai pembuat keputusan yang dapat mengakhiri konflik”, ucap Kapolda Bali.

Kapolda menambahkan, bahwa sebagai seorang follower, perwira harus bertanggung jawab dalam pekerjaan untuk tercapainya misi dari organisasi, mampu membangun komunikasi yang baik dalam kelompok untuk menunjang kemajuan organisasi dan selalu menanamkan mindset bahwa setiap tantangan sebagai suatu hal untuk meningkatkan kemampuan diri dan memiliki komitmen untuk terus belajar menjadi lebih baik, serta kepedulian dan akuntabilitas yang berorientasi pada hasil.

”Melalui momentum yang baik ini saya perintahkan kepada para perwira alih golongan T.A. 2020, agar menjaga amanah yang telah diberikan kepada saudara. Semoga dengan amanah baru ini, saudara dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat dan menjadi contoh yang baik bagi lingkungan kerja”, imbuh Kapolda dalam menutup amanatnya.(*)

Pos terkait