Kapolda Papua Barat Irjen Tornagogo Sihombing Kunjungan Kerja Ke Fakfak, Ini Pesannya

  • Whatsapp
Suasana Sambutan Kapolda Papua Barat Irjen Polisi Dr. Tornagogo Sihombing,S.I.K, M.Si kunjungan kerja ke Polres Fakfak/foto: Monces prima rakyat

Jurnal RB Polri, Fakfak – Kapolda Papua Barat, Irjen Polisi Dr. Tornagogo Sihombing, S.I.K, M.Si  bersama Ketua Bhayangkari Papua Barat, Ny. Martha Tornagogo Sihombing dan rombongan pejabat utama Polda Papua Barat tiba di Mapolres Fakfak, Rabu (11/11) pagi.

Isgunawan, S.I.K didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Fakfak Ny. Indah Isgunawan dengan jajar kehormatan dari Satuan Shabara Polres Fakfak dengan menerapkan Protokol kesehatan COVID- 19.

Kapolres Fakfak AKBP. Ongky Isgunawan, S.I.K melaporkan situasi kepada Kapolda Papua Barat Irjen Polisi Dr. Tornagogo Sihombing,S.I.K, M.Si/foto: Monces prima rakyat

Selanjutnya, Kapolres Fakfak AKBP. Ongky Isgunawan, melaporkan secara umum situasi di wilayah hukum Polres Fakfak dalam kondisi aman terkendali. Meski dalam situasi Pilkada Fakfak dan akan ada penambahan Personel Brimob untuk mengamankan pelaksanaan Pilkada.

“Kabupaten Fakfak mempunyai luas wilayah 14,320 Km2, Terletak di antara 131 ° 30′-138040’BT dan 2 ° 25′-4 ° 00’LS, dengan jumlah Distrik sebanyak 17 Distrik, dan 6 Polsek,” ujar Kapolres.

Kapolres berharap, dengan kunjungan Kapolda Papua Barat dapat memberikan dorongan dan harapan serta semangat bagi Jajaran Polres Fakfak.

Seperti diketahui, pada hari ini Kapolda dan Ketua Bhayangkari Papua Barat melaksanakan kunjungan kerja di Kabupaten Fakfak, selain ingin melihat langsung kondisi Polres Fakfak, Kapolda juga ingin bersilaturrahmi dengan jajaran Personil Polres Fakfak dan tatap muka dengan Ibu-ibu Bhayangkari Polres Fakfak.

Ada beberapa penekanan yang diberikan Kapolda Papua Barat diantaranya kesiapan Polres Fakfak dalam menghadapi Pilkada, netralitas Personil serta penekanan terkait penanganan Covid-19 di Kabupaten Fakfak.

“Dalam Pilkada tahun ini berbeda karena di tengah Pandemi Covid 19, semua tahapan Pilkada harus sesuai dengan standar protokol kesehatan Covid 19 agar tidak memunculkan klaster baru,” ujar Kapolda.

Segala kesiapan harus disiapkan dan direncanakan dengan matang, termasuk personil harus memegang teguh prinsip netralitas dalam Pilkada.

“Dalam kontestasi Pilkada ini, seluruh personel wajib netral. Di Provinsi Papua Barat, kita sudah melaksanakan dekkarasi damai, pemerintah, para tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh politik, dan segenap elemen masyarakat membantu kepala daerah untuk menciptakan suasana sejuk dan damai, serta harmonis di Provinsi Papua Barat,” pesan Kapolda.

Tatap Muka Kapolda Papua Barat, Irjen Polisi Dr. Tornagogo Sihombing, S.I.K, M.Si Bersama Anggota Polres Fakfak. Foto: Rico/ Papua dalam berita

Menyikapi maraknya penyampaian pendapat di muka umum di Indonesia, khususnya wilayah hukum Polda Papua Barat, ia berpesan agar mematuhi ketentuan-ketentuan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Penyampaian Pendapat Di muka Umum. Lakukan dengan damai dan tertib.

“Penyampaian pendapat di muka umum itu hak semua warga dan dilindungi undang-undang, namun tetap harus mengikuti aturan dan ketentuan yang berlaku, lakukan dengan damai” ujar Kapolda.

Selanjutnya Kapolda dan rombongan bertolak ke Kodim 1803/Fakfak dan Polsek Fakfak kota dalam rangka kunjungan kerja serupa. (*)

Pos terkait