Kapolda Papua Barat Sambut Kunjungan Kerja Tim Puslitbang Polri

  • Whatsapp
Kapolda Papua Barat Irjen Pol. Dr. Tornagogo Sihombing, SH, M Si, didampingi Karorena PB Kombes Pol Switbertus Budhi Prasetyo, S.IK, menerima laporan kegiatan penelitian Tim Kabidgasbin Puslitbang Polri Kombes Pol. Drs. M. Asrul Aziz, M.AP. (16/11).

Jurnal RB Polri, Manokwari – Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri, melakukan kegiatan penelitian tentang Tata Kelola Sumber Daya Polri (SDP) dalam implementasi teknologi informasi dan komunikasi terpadu di ruang Pianemo Mapolda Papua Barat (PB). Senin (16/11) pukul 11.30 WIT.

Kedatangan Tim yang dipimpin oleh Kabidgasbin Puslitbang Polri Kombes Pol.  Drs. M. Asrul Aziz, M.AP. didampingi Dr.Godfrid selaku Konsultan, Iptu Justika S dan dan ASN Budi Triyanto disambut  oleh Kapolda PB Irjen Pol. Dr. Tornagogo Sihombing, SH, M Si, beserta Karorena PB Kombes Pol Switbertus Budhi Prasetyo, S.IK, Kombes Pol Anggie Yulianto Putra  SH.,S.IK., M.H., Kombes Pol Japerson Paringotan Sinaga, S.IK, dan sejumlah Pejabat Utama Polda Papua Barat.

Bacaan Lainnya

“Sebelum memulai kegiatan, kami ucapkan selamat datang Tim Puslitbang Polri di Polda Papua Barat untuk mengadakan penelitian Tata Kelola Sumber Daya Polri dalam implementasi teknologi informasi dan komunikasi terpadu,” ucap Kapolda Irjen Pol. Dr. Tornagogo Sihombing diruang kerjanya.

Kapolda berharap kedatangan Tim Puslitbang Polri ini dapat menyatukan masing-masing daerah khususnya di Papua Barat secara maksimal serta memberikan perbaikan faktor-faktor yang menjadi kendala.

Lebih lanjut disampaikan disela Focus Group Discussion (FGD) oleh Karorena Polda PB Kombes Pol Switbertus Budhi Prasetyo, S.IK kunjungan Tim Puslitbang Polri di Polda PB dalam rangka melakukan penelitian tentang mekanisme tata kelola sumber daya Polri dalam mengimplmentasi teknologi informasi dan komunikasi terpadu di kewilayahan.

Karorena menambahkan, maksud penelitian ini dilakukan untuk mencari data dan masukan terkait pengelolaan manajemen terpadu teknologi informasi Polri yang terdapat dikewilayahan khususnya Polda PB.

“Tujuan dari Penelitian tersebut sebagai masukan pimpinan khususnya bagi Div TIK Polri dalam rangka perbaikan pengelolaan manajemen terpadu Teknologi Informasi Polri di Kewilayahan,” imbuhnya.

Seperti tertuang dirilis Polda PB, dalam penelitian ini sebagai populasi adalah Anggota Polri yang bertugas pada Command Center/Yanlik/Sentra Pelayanan Masyarakat berbasis online yang ada di Satker Polda dan Polres di wilayah hukum Polda PB, direncanakan penelitian berlangsung di Polres Manokwari, Polres Sorong Kota, Polres Sorong dan Polres Raja Ampat.

Sementara Responden penelitian kualitatif (wawancara) adalah Pejabat Biro Ops, Biro SDM, Biro Rena, Biro log, Bid TIK dan Satker pada Polda. Sedangkan responden penelitian kuantitatif (kuesioner) adalah anggota Polri yang bertugas pada Command Center/Sentra Pelayanan Publik/Internal Polri berbasis online pada setiap satuan.

Untuk observasi pada sentra pelayanan publik/pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah FGD/wawancara dengan Pejabat Biro Ops, Biro SDM, Biro Rena dan Bidang TIK dan Satker Polda terhadap pengelolaan sumber daya Teknologi Informasi dan Komunikasi Polri dan sinergitas implementasinya di satuan kewilayahan.

Sedangkan pengisian kuesioner khusus kepada anggota Polri yang bertugas pada command center/sentra pelayanan publik/internal Polri berbasis online serta pengumpulan data sekunder tentang inovasi aplikasi pelayanan publik berbasis online dan observasi perangkat TIK. (*)

Pos terkait