Amankan Pencoblosan Pilkada 2020, Polda Papua Barat Kerahkan 3.063 Personel

  • Whatsapp

Jurnal RB Polri, Manokwari – Kapolda Papua Barat Irjen Pol Dr Tornagogo Sihombing, S.I.K.,M.Si melalui Kepala Biro Operasional Kepolisian Daerah Papua Barat Komisaris Besar Tri Admojo menyatakan, Polda Papua Barat telah siap mengamankan Pilkada serentak, Rabu (9/12).

Hal tersebut disampaikan pada acara Coffe Morning bersama awak media di Kabori Room Swissbell Manokwari, Selasa (8/12) Siang.

Bacaan Lainnya

“Persiapan sudah siap semua,” katanya saya diwawancara awak media.

Untuk memberikan rasa aman pada Pilkada, Polda Papua Barat mengerahkan sebanyak 3.063 personel TNI/Polri ke lapangan. Ribuan anggota itu diterjunkan ke semua TPS yang ada di 9 Kabupaten Provinsi Papua Barat. Termasuk 500 personil (Bantuan Kendali Operasi) BKO Brimob Nusantara.

Lebih lanjut Kombes Tri Atmojo menjelaskan, 3.063 personil disebar melakukan pengamanan diantaranya, Kabupaten Manokwari dan Pegunungan Arfak 695 personil, Manokwari Selatan 192 personil, Teluk Bintuni 383 personil, Teluk Wondama 248 personil, Fakfak 300 personil, Raja Ampat 320 personil, Sorong Selatan 223 personil, dan Kaimana 227 personil.

“Dari 9 kabupaten ini hanya ada 8 Polres, sehingga jumlah personel Polres Manokwari juga ikut mengamankan Pilkada di Kabupaten Pegunungan Arfak,” jelasnya.

Dengan melihat kondisi geografis yang ada di sebagian wilayah Papua Barat, khususnya daerah terluar, tidak dimungkinkan 1 personil dapat mengamankan 2 TPS, sehingga di TPS ini minimal akan ditempatkan 1 personil.

“Untuk TPS rawan khusus pada areal yang tidak terjangkau dari semua transportasi hanya lewat udara, seperti di Teluk Bintuni pola pengamanannya 1 TPS akan dijaga 4 personil,” tutupnya.(*)

Pos terkait