Cegah Antrian Tiket Liburan Nataru di Pelabuhan, Kemenhub Imbau Pesan Lewat Ferizy

  • Whatsapp

Jurnal RB Polri, Jakarta – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat untuk mengoptimalkan penggunaan Ferizy, sistem tiket online angkutan penyeberangan.

Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi. Dia mengatakan Selain mudah dan praktis, transaksi tiket online melalui Ferizy pun membantu mengurangi risiko penyebaran Covid-19 di pelabuhan dan kapal penyeberangan.

Bacaan Lainnya

“Selain dapat mengurangi penumpukan antrean pembelian tiket di loket, mencegah kepadatan calon penumpang, dan meminimalkan interaksi fisik,” jelas Dirjen Budi dalam acara Media Gathering Kesiapan dan Persiapan Layanan Angkutan Natal dan Tahun Baru di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Senin (14/12).

Dirjen Budi menambahkan, melalui aplikasi Ferizy, masyarakat dapat melakukan pemesanan dan pembayaran tiket kapal penyeberangan secara online sehingga tidak perlu memesan langsung di pelabuhan.

Untuk diketahui, Sistem tiket online Ferizy saat ini telah dapat digunakan di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk.

Sementara, untuk sistem E-Ticketing dapat dilakukan di Pelabuhan Penyeberangan Lembar, Padangbai, Kayangan, dan Pototano. Selain itu juga di Pelabuhan Ajibata dan Ambarita di Danau Toba.

Calon penumpang angkutan penyeberangan diimbau untuk mempersiapkan diri dengan menyelesaikan pesanan tiket setidaknya 4 jam sebelum keberangkatan untuk memperlancar arus kendaraan yang akan masuk pelabuhan dan mencetak boarding pass 2 jam sebelum jadwal keberangkatan.(*)

Pos terkait