Polda Papua Barat Gelar Sosialisasi dan Bimtek Input Aplikasi Kelembagaan, Ini Tujuannya

  • Whatsapp

Jurnal RB Polri, Manokwari -Tim Biro Rena Polda Papua Barat gelar kegiatan sosialisasi dan input data Siabk, SIK3 dan Monev Kelembagaan Satker di Mapolda Papua Barat, Selasa (15/12). Pelaksanaan bimtek selama 3 hari tersebut tetap memperhatikan protokol kesehatan, dengan tetap jaga jarak antar peserta menggunakan masker.

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut dihadiri Wakapolda Papua Barat, Brigjen Patrige Rudolf Renwarin, Karorena Kombespol Switbertus, seluruh Kasatker Polda Papua Barat dan PJU Polda Papua.

Mengawali sambutan, Wakapolda Papua Barat, Brigjen Patrige Rudolf Renwarin mengatakan, aplikasi ini bertujuan untuk mendukung peningkatan kinerja personil dalam melaksanakan tugas. Tujuannya agar terdapat keseragaman dalam menyusun laporan pengendalian pelaksanaan rencana pembangunan di lingkungan Polda, terutama dalam mengisi format pelaporan dengan menggunakan aplikasi secara online.

“Untuk mencapai suatu keseragaman tindakan dan langkah dalam pelaksanaan tugas sekaligus sebagai pedoman untuk penyusunan anggaran satuan fungsi tingkat polda dan jajaran sampai tingkat polsek , sehingga tercapai pelaksanaan tugas pokok dan fungsi secara prosedural, efektif dan efisien, akuntabel, transparan serta proporsional serta untuk melakukan penyesuaian kebutuhan jumlah personel yang diperlukan dikaitkan dengan beban kerja pada masing-masing satuan fungsi,” ujar Brigjen Patrige Rudolf membuka acara.

Lanjutnya, aplikasi ini untuk adanya kesamaan persepsi, tindakan dan data dukung, sehingga dapat meminimalisir kekurangan/kekeliruan pada saat pengajuan usulan ke kemenpanrb. pemanfaatan teknologi dalam penguatan organisasi pada satuan kewilayah dengan membangun aplikasi sik3 dengan tujuan efektifitas dan efisiensi waktu saat dilakukan penilaian, karena seluruh data dukung sudah terakomodir dalam aplikasi dimaksud.

“Seperti yang kita ketahui bersama pada tahun 2019 untuk peningkatan tipe polda dari tipe b menjadi tipe a, serta pembentukan dan perubahan tipe polres, dalam penilaiannya juga menggunakan aplikasi sik3 yang hasilnya dikirim ke kemenpanrb,” jelasnya.

Wakapolda menambahkan, jika ada hal yang dirasa perlu pendalaman oleh tim kemenpanrb, maka tim kemenpanrb akan melakukan verifikasi data. untuk itu, dalam pemenuhan data dukung agar menampilkan data yang benar-benar valid pada setiap indikator dan sumber data telah mendapatkan pengesahan. (*)

Pos terkait