Kapolda Banten Pimpin Rakor Eksternal Operasi Lilin Kalimaya 2021

  • Whatsapp

Jurnal RB Polri, Banten – Kapolda Banten Irjen Pol Drs. Fiandar memimpin Rakor Eksternal Pengamanan Operasi Lilin Kalimaya 2020/2021 bertempat di ruang Rupatama Mapolda Banten, Jl. Syekh Nawawi Al Bantani. Senin (14/12) pagi.

Rapat yang digelar melaui aplikasi Zoom Meeting dihadiri Wakapolda Banten Brigjen Pol Drs. Ery Nursatari.,M.H, Irwasda, Pejabat Utama (PJU) Polda Banten, Tokoh agama, TNI, Forkopimda Banten.

Dalam sambutannya Kapolda Banten menyampaikan situasi pelaksanaan Natal dan Tahun Baru tahun ini berbeda dengan sebelumnya, kita dihadapkan situasi Pandemi Covid-19.

“Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2021 serta libur panjang ini, agak berbeda dengan Natal dan Tahun Baru pada tahun-tahun sebelumnya, kita laksanakan pelayanan publik Pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di tengah Pandemi Covid-19, yang mana kita semua wajib menerapkan Protokol Kesehatan dalam rangka mencegah terpaparnya dari Virus Covid-19 ini, serta adanya pembatasan yang harus sama-sama kita pedomani guna mencegah terjadinya cluster,” Jelas Fiandar.

Fiandar mengatakan, Operasi Lilin Kalimaya 2020 ini mempunyai 4 sasaran utama yaitu Orang, Barang, Lokasi serta Kegiatan, yang dilakukan selama sekian puluh hari sesuai dengan kondisi dan situasi.

“Dalam pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Polda Banten tidak dapat mengamankan sendiri. Oleh karena itu diperlukan kerja sama yang baik serta dukungan penuh dari TNI, maupun instansi terkait lainnya. Tujuannya agar pelaksanaan Operasi Lilin Kalimaya 2020 dapat berjalan dengan lancar dan aman, khususnya dalam hal pengamanan gereja, agar dalam pelaksanaan Natal berjalan dengan hikmat,” tambah Fiandar.

Meski begitu, Fiandar tetap mengajak para tokoh agama dan tokoh masyarakat, untuk bersama-sama menjaga keamanan, dengan cara tetap menjaga toleransi dan kerukunan umat beragama.

Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi S.I.K.,M.H dalam rapat Rakor Eksternal Ops Lilin Kalimaya 2020 menyampaikan “dalam pelaksanaan Perayaan Natal dan Tahun Baru 2021 diwajibkan untuk menerapkan Protokol Kesehatan anjuran pemerintah yakni terapkan 3M Memakai Masker, Mencuci Tangan dengan Sabun atau Handsanitizer, dan Menjaga Jarak guna mencegah terjadinya cluster baru,” tutup Edy Sumardi. (*)

Pos terkait