Irjen Petrus Golose Jadi Kepala BNN Gantikan Komjen Heru Winarko

  • Whatsapp

Jurnal RB Polri, Jakarta – Presiden Joko Widodo dikabarkan hari ini akan melantik Irjen Petrus Reinhard Golose menjadi Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) menggantikan Komjen Pol Heru Winarko yang sudah memasuki masa purnabakti pada 1 Desember 2020 lalu.

Menurut keterangan Kepala Sekretriat Kepresidenan (Kasetpres) Heru Budi Hartono, Petrus Reinhard Golose dilantik hari ini bersamaan dengan pelantikan Menteri dan Wakil Menteri yang baru, hasil dari perombakan (reshuffle) Kabinet Indonesia Maju kemarin.

“Ka (Kepala) BNN Pak Petrus,” ujar Heru Budi Hartono, saat dikonfirmasi melalui pesan singkatnya kepada Kompas.tv, Rabu (23/12) pagi.

Kasetpres Heru menyatakan Presiden Jokowi akan melantik lima Wakil Menteri. Mereka akan dilantik di Istana negara bersama enam menteri baru kabinet Indonesia Maju, hasil reshuffle kabinet.

Irjen Pol Dr. Petrus Reinhard Golose, Drs., M.M., lahir di Manado, 27 November 1965 adalah seorang perwira tinggi Polri pada tahun 2015 ini mengemban amanat sebagai Kapolda Bali, sebelumya ia menjabat sebagai Deputi Bidang Kerja Sama Internasional Badan Nasional Penanggulangan Terorisme.

Petrus masuk Akademi Kepolisian (AKPOL) tahun 1988 sebelum menyelesaikan pendidikan S1 di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian tahun 1998. Kemudian ia menamatkan Program Magister Manajemen tahun 2002.

Petrus termasuk polisi yang mendapat kenaikan pangkat luar biasa saat tergabung dalam tim Bareskrim, yang melumpuhkan teroris Dr Azahari dan kelompoknya di Batu, Malang, Jawa Timur, 9 November 2005. Ia mendapat penghargaan dari Kapolri saat itu, Jenderal Polisi Sutanto bersama dengan para kompatriotnya, Tito Karnavian, Idham Azis, serta Rycko Amelza Dahniel, dkk. (*)

Pos terkait