Kementerian PUPR Resmikan Jembatan Gantung Mekar Baru untuk Permudah Aktivitas Warga

  • Whatsapp

Jurnal RB Polri, Serang – Kementerian PUPR melalui Direktur Pembangunan Jembatan Yudha Handita Pandjiriawa bersama anggota Komisi V DPR Tubagus Haerul Jaman, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Banten Wida Nurfaida dan Wakil Bupati Serang Panji Tirtayasa, meresmikan Jembatan Gantung Mekar Baru di Kecamatan Petir, Kabupaten Serang, Banten. Selasa (29/12/2020).

Yudha menjelaskan, bahwa jembatan Gantung Mekar Baru ini dibangun menggunakan konstruksi beton dan rangka baja dengan panjang 42 meter dan lebar 1,5 meter. Beban maksimum jembatan ini 300 kg/m dan hanya bisa dilalui oleh pejalan kaki serta kendaraan ringan seperti kendaraan roda dua, gerobak dan sepeda.

Bacaan Lainnya

Sementara, jembatan yang menghubungkan Desa Mekar Baru dan Desa Cikokok ini mulai dibangun pada 11 September 2020 dan masa pelaksanaan 112 hari. Jembatan ini dibangun dengan anggaran Rp 2,67 miliar dikerjakan oleh kontraktor PT Rizky Cipta Guna Perkasa dan konsultan PT Bintang Inti Rekatama.

“Hadirnya jembatan ini diharapkan dapat mempersingkat perjalanan warga menuju sekolah, pasar, kantor atau tempat kerjanya,” papar Yudha.

Dengan telah diselesaikannya pembangunan jembatan gantung ini Kementerian PUPR akan menghibahkannya kepada Pemerintah Kabupaten Serang.

“Diharapkan Pemda bersama warga sekitar untuk dapat berperan aktif dalam menjaga jembatan,” ujarnya.

Di Provinsi Banten sekitar 30 jembatan gantung telah dibangun Kementerian PUPR. Pembangunan jembatan gantung merupakan usulan dari Pemerintah Daerah setempat, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), TNI, dan DPRD yang diajukan kepada Kementerian PUPR dengan mempertimbangkan kondisi wilayah, sosial, ekonomi, potensi wilayah, dan kesesuaian lokasi, manfaat, dan urgensi pembangunan jembatan. (red)

Pos terkait