Menlu Sebut Vaksin Sinovac Tahap Kedua Sudah Tiba di Indonesia

  • Whatsapp

Jurnal RB Polri, Jakarta – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi Sebanyak 1,8 juta dosis vaksin Sinovac tahap kedua sudah tiba di Indonesia, melengkapi 1,2 juta dosis yang telah tiba lebih dulu pada 6 Desember lalu. Dengan tibanya vaksin tahap kedua ini, maka total 3 juta dosis vaksin Covid-19 dari Sinovac telah berada di Indonesia.

“Selanjutnya, vaksin ini akan dikirim ke Biofarma di Bandung untuk disimpan sesuai protokol penyimpanan vaksin secara aman berdasarkan standar WHO,” kata Menteri Retno dalam konferensi pers virtual, Kamis.

Menteri Retno menambahkan, dalam waktu dekat sebanyak 15 juta dosis bulk atau bahan baku vaksin Sinovac akan tiba untuk diolah oleh Biofarma.

Ia juga mengatakan bahwa pemerintah terus menjalin komunikasi dengan berbagai pihak untuk mengamankan suplai vaksin dari berbagai sumber lainnya.

Pemerintah Indonesia, pada Rabu ini telah menandatangani komitmen pembelian vaksin Covid-19 dari Novavax yang menggunakan platform ‘protein subunit recombinant’ dari Amerika Serikat sebanyak 50 juta dosis.

Kemudian Indonesia juga mengamankan pasokan 50 juta unit vaksin dari Astra Zeneca yang menggunakan platform ‘no replicating viral factor’ dari Inggris.

“Secara paralel, pembicaraan berkesinambungan sedang dilakukan dengan Pfizer dari AS dan Jerman,” ujar Menlu. (*)

Pos terkait