Arus Balik Libur Natura Diprediksi Malam Ini, Kondisi Lalu Lintas Kondusif

  • Whatsapp

Jurnal RB Polri, Jabar – Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi memprediksi puncak arus balik masa libur Tahun Baru 2021 akan terjadi pada Minggu (3/1) malam hari.

Pada Periode Mudik Il sejak Selasa (29/12) hingga Jumat (1/1) terjadi pergerakan mudik keluar Jabodetabek sebanyak 523.520 kendaraan yang didata dari Gerbang Tol Cikampek Utama, Kalihurip Utama, Cikupa, dan Ciawi.

Bacaan Lainnya

Sedangkan, total kendaraan yang belum kembali sebanyak 417.462.

“Hingga hari ini, Minggu (3/1) pagi, lonjakan lalu lintas sudah naik namun belum signifikan. Dapat diprediksikan puncak arus balik akan terjadi di malam hari hingga menjelang pagi hari, tapi pastinya tidak akan sepadat seperti hari libur biasanya,” jelas Dirjen Budi di Posko Nataru Cikopo saat melangsungkan konferensi pers usai melakukan pantauan lalu lintas. Minggu (3/1).

Oleh karena itu, ia juga mengimbau masyarakat agar mengatur waktu kepulangannya agar tidak terkena kemacetan di jalan dan sedapat mungkin menghindari perjalanan pulang pada puncak arus balik.

Ia melanjutkan, berdasarkan data yang tersedia dapat terlihat bahwa kondisi lalu lintas sangat kondusif dan tidak seramai liburan sebelumnya.

Hal ini menunjukkan banyak masyarakat yang mengikuti imbauan Pemerintah dan Satgas covid-19 untuk tidak berpergian, terutama apabila tidak ada urgensi yang tinggi.

“Saya tadi sempat melakukan ‘overview’ menggunakan helikopter untuk memantau lalu lintas di daerah Puncak, Jawa Barat dan sekitarnya, hasilnya terpantau lancar, saya kira hal ini disebabkan masyarakat mulai sadar kalau ini bukan waktu yang baik untuk berpergian,” kata Dirjen Budi.(*)

Pos terkait