7.160 Dosis Vaksin Covid-19 Tiba di Papua Barat, Dikawal TNI dan Polri

  • Whatsapp

Manokwari – Sebanyak 7.160 Dosis Vaksin Covid-19 sudah tiba di Papua Barat dengan pengawalan ketat personil TNI dan Polri.

Informasi yang diterima Jurnal RB Polri, Vaksin dikirim PT Biofarma menggunakan pesawat komersial tiba di Bandar Udara Rendani Manokwari, Selasa (05/01/2021).

Vaksin yang dikemas dalam 4 kardus berukuran besar tersebut dijemput langsung oleh Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan didampingi Pangdam XVIII Kasuari, Kapolda Papua Barat, Kabinda Papua Barat, Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat, Juru bicara satgas covid-19 Papua Barat, dan Kepala BPOM Manokwari.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat, Otto Parorongan saat diwawancarai menjelaskan vaksin tersebut akan disimpan di ruang logistik Dinas Kesehatan Provinsi dan dijaga ketat oleh personil polisi.

“Vaksin ini akan disimpan pada ruang logistik Dinas Kesehatan Papua Barat dan dijaga ketat 24 jam oleh personil Polisi Polda Papua Barat. Vaksin ini nanti ada 2 tahap jadi 1 orang dapat 2 kali vaksinasi dengan interval 14 hari,” Jelas Kadis Kesehatan Papua Barat, Otto Parorongan.

Selanjutnya Otto Parorongan menyampaikan, direncanakan pada 14 Januari 2021 akan dilaksanakan lounching. Untuk sasaran vaksin, pertama akan diberikan kepada tenaga kesehatan dan prioritas daerah dengan angka kasus positif tertinggi.

“Pertama untuk tenaga medis, harapan kita tenaga kesehatan divaksinasi agar sehat untuk melayani masyarakat, lalu diprioritaskan bagi daerah dengan angka kasus positif yang banyak,” jelasnya.

Namun Otto Parorongan menuturkan proses vaksinasi akan menunggu izin penggunaan darurat (emergency use authorization/EUA).

“Meskipun vaksin ini sudah didistribusikan, akan tetapi penggunaan vaksin ini, tetap harus menunggu Izin Penggunaan Darurat dari Badan POM RI,” ujar dia.(*)

Pos terkait