Bayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Di Jawa Tengah, Bisa Dari Rumah

  • Whatsapp
Foto: Tribratanews

Semarang – Wajib pajak kendaraan bermotor di Jawa Tengah tak perlu ribet untuk membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang dulunya harus antri di Samsat atau atau ditempat lainnya, sekarang dengan menggunakan aplikasi Sistem Administrasi Kendaraan dan Pajak Online (Sakpole) dapat dilakukan secara Daring/Online.

Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, pelayanan pembayaran PKB warga Jateng bisa mempersingkat waktu untuk membayar tagihan pajaknya. Selain itu, di tengah masa pandemi yang mengharuskan masyarakat untuk menjaga jarak, maka aplikasi Sakpole memang menjadi alternatif terbaik.

Wajib pajak tinggal mendownload aplikasi Sakpole di HP Androidnya, kemudian tinggal mengikuti langkah – langkahnya yang mudah dan tidak ribet. Pertama, siapkan e-KTP dan STNK lalu masuk ke ikon pendaftaran Online.

Untuk langkah selanjutnya adalah memasukkan nomor Polisi kendaraan yang akan dipajakkan, Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan 5 digit terakhir nomor rangka kendaraan, kemudian klik “daftar”. Secara otomatis aplikasi Sakpole akan memverifikasi kendaraan bermotor yang akan dibayar pajaknya.

Jika verifikasi sudah benar wajib pajak bisa melanjutkannya dengan mengklik menu “lanjut”, namun apabila data belum sesuai wajib pajak tidak bisa melanjutkan kelangkah berikutnya. Jadi, langkah selanjutnya adalah klik “batal” kemudian lapor ke Samsat terdekat untuk klarifikasi apakah ada yang kurang tepat dalam menggunakan aplikasi Sakpole atau ada kendala lainnya.

Jika memang tidak ada kendala, setelah klik menu “lanjut” alangkah baiknya wajib pajak mencermati terlebih dahulu besaran pengenaan/penetapan atas pokok dan denda pajak kendaraan bermotor, Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas (SWDKLLJ), dan BNBP pengesahan STNK. Kalau sesuai, untuk langkah selanjutnya adalah klik “lanjut”.

Untuk pembayarannya, pilih metode pembayaran dan juga bank digunakan untuk membayar. Setelah itu muncul kode bayar, kode bayar ini bisa dicatat dan disimpan berikut jumlah nominal tagihan sebelum batas waktu akhir pembayaran. Atau bisa langsung melanjutkan dengan klik “bayar” yang pembayarannya bisa melaui Internet Banking, Mobile Banking, atau SMS Banking. Setelah selesai semua langkah – langkahnya kemudian klik “keluar”.

Untuk pengambilan Surat Keterangan Pajak Daerah (SKPD) bisa langsung mengunjungi kantor Samsat Jateng terdekat, tinggal menunjukkan bukti pembayaran di aplikasi Sakpole, dan tinggal menunggu proses cetak yang waktunya relatif singkat.

Pos terkait